Thursday, August 30, 2007

CMS (Content Management System)

CMS (Content Management System) adalah istilah untuk aplikasi yang jalan di web server untuk menata isi (halaman web) di server tersebut. Saat ini, CMS sudah umum dan banyak tersedia sebagai proyek Open Source. Kebanyakan CMS dibuat dengan PHP. Ada beberapa yang berbasis Java/JSP, namun kualitasnya masih kalah dibanding yang berbasis PHP (ada yang bagus, tapi komersial).
Untuk mencari CMS, siapa lagi yang harus ditanya selain Google. Begitu diquery "CMS", langsung Google menunjukkan situs http://www.opensourcecms.com/. Di situ ada demo berbagai CMS yang bisa dicoba secara online. Silahkan pilih sendiri, misalnya:
PHP-Nuke: boleh dikata perintis maraknya CMS.
Mambo : CMS model portal (news) paling populer saat ini, banyak modulnya dan bagus adminnya. Agak repot mau pasang forum.
Geeklog : CMS model portal yang bagus integrasi berita dan forummnya. Modul ekstensi juga banyak. (BenPinter pakai Geeklog lho).
Limbo : CMS ringan, bisa berita dan galeri foto. Cocok buat situs pribadi yang mau diupdate sendiri.
Moodle : CMS khusus untuk e-learning di kampus (university level).

Kalau sudah memilih CMS, memasangnya di Linux relatif mudah. Syaratnya anda sudah siapkan server Apache+MySQL+PHP. Buat itu, tidak ada yang lebih stress-free dibanding pakai XAMPP (http://www.apachefriends.org/en/xampp-linux.html). Di Vector Linux SOHO 5.0 misalnya, XAMPP sudah siap di /opt/lampp. Maka untuk memasang suatu cms, cukup ekstrak CMS pilihan anda ke direktori /opt/lampp/htdocs. Biasanya anda perlu mengubah permisson beberapa direktori dan file. (lihat dokumen README atau INSTALL yang bersangkutan). Setelah itu, jalankan xampp dan luncurkan web browser (misal firefox). Ketik URL "http://localhost" dan jreng ... situs anda sudah hidup.
Buat keperluan kampus, pilihan saya akhirnya jatuh pada Moodle (http://moodle.org). CMS ini sangat bagus karena fleksibel dan banyak modul bantu ajarnya (news, forum, course, quiz, dll). Tampilan dasarnya memang tidak begitu meriah. Tapi justru soal tampilan inilah yang harus kita update sendiri untuk memberi identitas situs kita.

No comments:

Search This Blog