Friday, August 24, 2007

Mengenal beberapa Fasilitas E-mail

Posting kali ini merupakan lanjutan dari cara membuat email kemarin, berhubung setelah saya melihat pada 2 website tersebut belum membahas fasilitas yang terdapat pada email tersebut.

Jika anda perhatikan pada halaman login e-mail terdapat beberapa tombol, menu atau link tertentu. Melalui elemen-elemen yang ada tersebut anda nantinya dapat memanfaatkan beberapa fasilitas mail dan perintah-perintah pengoperasiannya. fasilitas email yang sering digunakan, menu perintah, istilah, serta kegunaan masing-masing antara lain saya akan coba jelaskan:

Inbox
merupakan tempat menyimpan surat atau email anda sebagimana layaknya sebuah folder penyimpanan file di dalam komputer. anda dapat memeriksa surat-surat anda, membaca, menhapus serta mengelolahnya dari inbox.
besarnya ruangan/kapasitas penyimpanan inbox berbeda-beda tergantung kebijakan yang telah diberikan oleh masing-masing situs layanan email tersebut.

Check mail
Merupakan fasilatas untuk mencek surat-surat yang baru masuk atau membaca surat-surat lama anda yang berada di inbox.

Compose
Merupakan fasilitas link perintah untuk menmpilkan lembar pembuatan surat baru yang akan anda kirim.

Folders
Merupakan fasilitas pengarsipan bagi surat-surat anda, baik surat yang telah terkirim maupun surat yang telah di terima.

Address Book
merupakan fasilitas untuk membuat dan menyimpan daftar alama e-mail (misalnya email relasi dan rekan anda)

Reply
Merupakan fasilitas link perintah untuk menampilkan lembar pembuatan surat balasan berdasarkan sebuah enail yang sedang anda baca. melalui fasilitas ini anda tak perlu lagi menyalin email tujuan dan judul surat anda cukup mentik pesan balasan di atas pesan yang anda terima.

Forward
Merupakan fasilitas untuk mengirim kembali sebuah e-mail yang anda terima kepada orang lain tanpa melakukan perubahan isi email.

Trash
Merupakan tempat pembuatan sementara bagi email yang sudah anda hapus dan tidak andan perlukan lagi. email yang berada di trash akan di hapus penuh. salain itu, anda juga dapat mengosongkannya secara manual melalui perintah empty trash yang biasa juga disediakan.

attachment
merupakan fasilitas untuk menyertakan data lampiran pada pesan e-mail yang anda kirim (misalnya file dokument atau foto).

Options/configuration
Merupakan fasilitas untuk mengatur account e-mail anda seperti mengubah data personal, memberi tanda identitas otomatis pada bagian akhir setiap surat, pemblokiran alamat email tertentu, perubahan password dan sebagainya.

Bulk mail
Fasilitas tambahan yang disediakan situs-situs tertentu dan menyimpan secara otomatis perintah email baru yang dianggap tidak penting atau mengganggu seperti email promosi atau sejenisnya (dapat diatur melalui Options)
E-mail hasil saringan akan dipisahkan dari inbox dan ditempatkan pada folder sendiri, yaitu bulk mail.

Signature
Fasilitas pemberian tanda identitas pengirim surat otomatis yang akan selalu disertakan pada bagian akhir setiap email baru yang anda kirim (dapat diatur melalui fasilitas options).

Sign Out/Log Out
Merupakan fasilitas link perintah untuk menutup dan keluar dari account email anda.
catatan dari saya:
Klik tombol atau link sign out/log out jika selesai dan akan keluar dari layanan email. pastikan langkah ini anda lakukan agar proses akses email selanjutnya tetap berjalan lancar. hal ini penting mengingat sering terjadi permasalahan dan kesulitan dalam mengakses email pada sesi selanjutnya karena pengguna setelah memakai fasilat email langsung menutup jendela tampilan internet explorer atau langsung pindah ke alamt situs lain tanpa menutup fasilitas emailnya. yang dikhawatirkan juga jangan sampai pengguna lain mengotak atik isi email Anda.

Selamat belajar...

No comments:

Search This Blog